Manfaat Air dalam Kehidupan Manusia

Manfaat Air Bagi Kehidupan Sehari-Hari. Air merupakan senyawa yang paling penting bagi kehidupan alam semesta, khususnya manusia. Air memberikan berbagai manfaat untuk kelangsungan hidup manusia. Manfaat air bagi kehidupan sehari-hari manusia dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung diri manusia sendiri sangat membutuhkan air baik untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh maupun memenuhi kebutuhan lain seperti mencuci pakaian. Manfaat air juga dibutuhkan secara tidak langsung bagi manusia yaitu melalui hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan adalah dua makhluk hidup lain selain manusia di dunia ini yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Tanpa adanya kedua makhluk ini maka manusia tak akan bisa hidup karena semua makhluk hidup membentuk sistem rantai makanan dimana apabila salah satu tidak ada maka yang lain pun tak bisa hidup. Tanpa tumbuhan manusia tak akan bisa bernafas, tanpa hewan berbagai sumber makanan manusia hilang. Tanpa hewan tumbuhan tak akan bisa tumbuh. Tanpa tumbuhan hewan pun tak akan hidup. Sementara tumbuhan dan hewan pun memerlukan air dalam kehidupannya. Air merupakan senyawa paling penting bagi kelangsungan hidup alam semesta.

Terlihat betapa pentingnya air bagi alam semesta tempat manusia hidup. terlepas dari rantai makanan makhluk hidup yang membuatnya saling tergantung, seperti yang telah disinggung di awal manusia sendiri memiliki berbagai kebutuhan akan air bagi dirinya sendiri secara langsung. Selanjutnya kita akan membahas berbagai penggunaan air tersebut oleh manusia. Tentu pembahasan tentang kebutuhan air oleh manusia tak akan bisa dibahas semua dalam artikel ini karena kebutuhan air oleh manusia tak terhingga. Namun paling tidak kita perlu mengingat beberapa kebutuhan kita akan air untuk membuat kita lebih memanfaatkan air secara bijak dan menjaga air tetap ada dengan kualitas yang seharusnya.

Manfaat air bagi kehidupan sehari-hari manusia yang pertama adalah untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya yaitu melalui meminum air. Kebutuhan air manusia rata-rata 65% dari total berat badannya. Bahkan banyak orang yang memerlukan air lebih dari angka ini untuk tubuhnya. Semua organ tubuh bekerja membutuhkan air seperti ginjal, otak, tulang, otot, darah, dan lainnya. Manusia hanya bisa bertahan hidup tanpa mengonsumsi air sama sekali sekitar 3-5 hari.

Kemudian kebutuhan lainnya adalah untuk mencuci. Manusia mencuci berbagai perlengkapan hidupnya diantaranya pakaian, peralatan makan, bahan makan. Bahkan untuk hal seperti mencuci kendaraan, mengepel rumah, dan sebagainya. Berbagai kebutuhan tersebut nampaknya sepele namun nyatanya itulah kebutuhan manusia. Kebutuhan untuk mandi. Mungkin manusia bisa bertahan mandi 1-2 hari namun selebihnya ketidaknyamanan akan dirasaka manusia. perasaan ini bisa membuat manusia resah dan mengganggu kejiwaan bukan? manfaat air bagi kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah untuk industri, pembangkit listrik, pertanian, pelayaran. Tanpa air alam semesta ini tak bisa berjalan, terutama bagi manusia.

Comments

Popular Posts